Bakat.

 


Yuk ditonton dulu videonya, itu aku dan teman-temanku ikut kompetisi di Jogja, kompetisi pertamaku yang bikin aku benar-benar jatuh cinta sama paduan suara dan bernyanyi.

Namaku Novita, dan aku percaya semua orang pasti punya bakat. Entah kita bakal sadar atau enggak, pasti ada bakatnya. Aku sih sadar kalau aku punya bakat. Bakatku nyanyi, nulis juga. Tapi, aku nggak terlalu mengembangkan bakat menulisku jadi yah bisa dibilang sekarang aku udah nggak pernah nulis lagi (jangan suruh aku ikut pimnas dan semacamnya plis, yang kumaksud nulis bukan itu. I used to write poem atau cerita-cerita yang ga pernah selesai). Tapi, kalau ditanya apakah aku kangen nulis, iya aku kangen banget nulis. Aku kangen banget bisa ngeluarin semua unek-unekku lewa tulisan dan tersenyum puas kalau misalnya kata-kata yang kurangkai hasilnya bagus. Bisa dibilang, aku naruh semua perasan di tulisanku. Tapi nggak tau kenapa perasaan itu udah terasa mati, dan aku udah nggak bisa nulis pakai kata-kata "indah" tadi.

Tapi, selain nulis aku juga suka nyanyi. Bisa dibilang nyanyi adalah hidupku dan aku bakal sedih banget kalau aku nggak bisa nyanyi. Aku cenderung nyanyi buat diriku sendiri, entah nyanyi-nyanyi iseng di kamar sambil belajar atau bikin konser mandiri di kamar mandi. Aku juga sadar suaraku nggak sebagus itu kalau misalnya dipertontonkan, apalagi kalau aku nyanyi solo duh mending jangan didengerin. Aku lebih suka nyanyi bareng-bareng. Tapi sayang banget kan kalau hobiku itu nggak dikembangin, makanya waktu SMA aku gabung di paduan suara  sekolahku. Kebetulan, paduan suara sekolahku dulu punya reputasi yang baik dan puji Tuhan aku lolos seleksi gabung paduan suara itu. Akhirnya hobi dan bakatku itu diasah. Gimana cara nyanyi dengan baik, gimana caranya supaya nadaku nggak goyang, pokoknya benar-benar diasah. Bersama mereka, aku juga ikut kompetisi ke berbagai kota dan mendapat berbagai juara. 

Selain bakat seni-seni gitu, bisa dibilang aku adalah social butterfly, gampang banget bergaul sama orang. Temenku banyak dan ada di mana-mana. Sampai temen-temen deketku sebel sendiri kalau kami jalan bareng soalnya aku sering berhenti buat nyapa orang-orang yang kukenal. Dari situ, aku akhirnya gabung ke OSIS waktu SMA. Keputusan yang bener dan salah pada saat yang bersamaan sih. Aku anaknya nggak disiplin jadi yah gitu deh wkwk. Kehidupan sekolahku selama aku gabung OSIS jadi agak berantakan karena aku nggak bisa menjalankan kegiatan organisasi dan belajarku secara seimbang. Nilaiku agak turun, dan program yang kujalanin di OSIS walaupun beres, tapi nggak menghasilkan output yang bagus-bagus banget. Tapi dari situ aku jadi sering dipercaya buat jadi panitia di kegiatan-kegiatan sekolah. Itu sih yang aku syukuri waktu gabung OSIS. Dari kepanitiaan-kepanitiaan tadi aku belajar banyak. Banyak banget. Dari gimana caranya bekerja dalam tim, gimana caranya menghadapi orang lain, public speaking, mengerjakan sesuatu secara terstruktur, pokoknya banyak deh. Menjadi panitia memang banyak suka sama dukanya, tapi sukanya lebih banyak. Nih, aku mau pamer foto waktu aku jadi panitia PLS di sekolahku. 

Ini aku sama anak-anak mentorku

Selain itu, bisa dibilang kalau aku adalah pendengar yang baik (yang bilang bukan aku, tapi temen-temenku). Mereka banyak cerita dan minta pendapatku soal pacar-pacar mereka (padahal aku sendiri nggak pernah pacaran. Bingung kan? Iya makanya aku juga bingung kenapa ngurusin hubungannya orang padahal aku sendiri nggak ada pengalaman pacaran, dan anehnya mereka percaya sama pandanganku). Karena itu aku sebenernya pengen masuk psikologi TAPI NGGAK DIBOLEHIN. Yaudah deh nggak papa. 

Terus, apa sih yang bisa kulakuin buat Tuhan dengan bakat-bakatku ini? 
Jadi gini, di sekolahku dulu ditanemin 5 nilai. Nilai-nilai tersebut adalah doa, egaliter, melayani, pekerja keras, dan optimis. Semua bakatku bisa kuterapkan di nilai-nilai itu. Apa hubungannya sama doa? Menurutku, doa itu nggak harus aku lipat tangan tutup mata terus ngerayu Tuhan buat ngabulin semua yang aku pengen. Aku bisa berdoa dengan hal-hal kecil yang kulakuin sehari-hari, contohnya nyanyi tadi. Waktu aku mau berangkat lomba ke Jogja, romo waka kesiswaan nyampein sesuatu buat kami, kalau apapun hasilnya, yang penting kami bernyanyi buat Tuhan. Iya, mempersembahkan pekerjaan-pekerjaan kecil tadi kepada Tuhan bisa aja kuimplementasikan sebagai doa. Gitu.
Terus yang kedua, egaliter. Egaliter itu bersaudara dengan semua orang. Sebagai seorang social butterfly, temenku banyak kan ya. Jadi dari situ bisa dibilang aku 'berteman dengan semua orang.' Terus melayani, dengan kepanitiaan-kepanitiaan tadi aku banyak melayani. Melayani teman-temanku, melayani adik-adik kelasku, gitu deh.

Seperti yang aku bilang tadi, semua orang pasti punya bakat, sekecil apapun itu. Tapi belum tentu orang-orang sadar sama bakat mereka. Bakat itu nggak harus sesuatu yang gede, kok. Kayak, kalau kita gampang berteman, itu juga bisa dibilang bakat. Gitu. Nah terus, supaya bakat kita tadi nggak bernasib sama kayak talenta hamba yang diambil sama Tuhan di perumpamaan tentang talenta, tentu kita perlu kembangin bakat kita dong. Caranya cuma satu, eksplor. Eksplor lingkungan sekitar kita dan lakukan apapun yang menarik minat kita. Percaya deh pasti kita bakal dapat banyak hal. Entah ilmu baru, entah pengalaman, entah ketemu orang-orang baru. 


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top